VISI DAN MISI

VISI 

Menjadi Lembaga Amil Zakat yang madani yang dapat mengusung pengembangan sosial kerakyatan dalam bingkai syar’i yang seutuhnya, amanah, transparan, akuntable, dan pro terhadap kalangan bawah yang membutuhkan serta profesional dalam bekerja sesuai dengan manajemen modern dan tuntunan agama.

Misi

  1. Melakukan syiar Islam dalam bentuk sosial kerakyatan sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist serta pendapat ulama yang ahli dibidangnya (faqih).
  2. Membantu sesama yang membutuhkan tanpa pandang bulu terutama para fakir miskin, anak yatim dalam berbagai bidang khususnya bidang sosial.
  3. Mengembangkan seluruh potensi masyarakat yang ada dalam rangka mewujudkan ekonomi sosial yang berbasis Islam (syar’i) yang seutuhnya sehingga nantinya terbangun generasi-generasi ideal di masa depan; generasi yang beriman, berakhlak mulia, jujur, cerdas dan mandiri.
  4. Meningkatkan penghimpunan dan pendayagunaan zakat, infaq dan shodakoh masyarakat sesuai dengan ketentuan syariah dan prinsip manajemen modern.
  5. Memaksimalkan peran zakat, infak dan shodaqoh dalam menanggulangi kemiskinan.
  6. Bergotong-royong dalam membangun perekonomian dan ukhuwah Islamiyah.

Tugas Pokok LAZ Insan Masyarakat Madani

  1. Mengembangkan manajemen yang amanah, transparan akuntable dan profesional dalam mengelola tugas sosial, agama dan kemanusiaan.
  2. Membantu para asnaf (mustahiq) dan yang membutuhkan.
  3. Mengarahkan toko-toko kecil (pengusaha kecil-menengah) dsb. Dalam berbagai bidang dengan memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga agar meraka tidak lagi dipusingkan dengan bunga bank dan para rentenir.
  4. Sebagai sarana pengembangan ajaran Islam dengan cara penguatan ekonomi dan sosial.
  5. Membantu mengarahkan masyarakat dengan melakukan dakwah dalam hal sosial dan ekonomi. untuk mencapai kesejahteraan melalui peningkatan sumber daya manusia, sumber daya alam, serta mengembangkan seluruh potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan ekonomi yang berbasis Islam (syar’i) yang seutuhnya sehingga nantinya terbangun generasi-generasi ideal dimasa depan generasi yang beriman, berakhlak mulia, jujur, cerdas dan mandiri.
  6. Meningkatkan kesadaran umat untuk berzakat, berinfaq dan bersodakoh
  7. Menyalurkan dana zakat, infaq dan sodakoh dari para muzaky dan dari hasil usaha Yayasan Insan Masyarakat Madani (induk LAZ Insan Masyarakat Madani) kepada mustahik yang berhak menerima sesuai ketentuan agama
  8. Mengajak kerja sama kepada lembaga-lembaga amil zakat, pemerintah, dan para donatur baik di dalam maupun di luar negeri demi terciptanya ekonomi yang mapan tanpa ternodai oleh peraktik-pratik riba dan hal-hal yang dilarang oleh agama.
  9. Menetralisir area-area yang rawan oleh praktik-praktik riba dan ijon seperti; pasar, toko-toko kecil, pekerja-pekerja serabutan, para petani dll.  

Struktur LAZ Insan Masyarakat Madani

Pembina : Pengurus Yayasan Insan Masyarakat Madani

Pengawas Syariah:

Direktur : Deni Rahman, S. Kom.

Sekretaris : Abdullah Ibrahim

Manajer Keuangan : Encik Muhammad Ardhan Syuhadasyah, S. E. Ak.

Manajer Fundraising : Ihsan Nugraha, S. T.

Manajer Distribusi : Zuber Hari Santoso

Legalitas LAZ Insan Masyarakat Madani

Alhamdulillah biidznillah Lembaga Amil Zakat Insan Masyarakat Madani telah memiliki perijinan secara legal formal sebagaimana berikut:

  1. Akta Pendirian; Notaris Novitawati Yudhianingsih, SH Nomor 04 tanggal 27 Juli 2016 tentang Pendirian Yayasan Insan Masyarakat Madani
  2. Surat Kementrian Hukum dan HAM Nomor : sesuai Akta Nomor telah tercatat dalam daftar yayasan.
  3. Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat Nomor : 594 Tahun 2017 tanggal 8 Mei 2017 tentang Pemberian Izin Operasional Kantor Lembaga Amil Zakat pada Yayasan Insan Masyarakat Madani.
  4. Surat Keputusan Kementrian Agama Kabupaten Bekasi Nomor B-1128/Kk.10.16/VII/BA.03.2/3/2017 tentang rekomendasi Lembaga Amil Zakat Yayasan Insan Masyarakat Madani.
  5. Surat Terdaftar Organisasi Sosial Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bekasi Nomor 460/952/Dinsos tanggal 12 Oktober 2016.